Rabu, 24 November 2010

Casiopea "Jepang Tapi Bukan Harajuku"

Posted on 18.48 by bossbola



Casiopea , band asal Jepang yg bermain di jalur Jazz Fusion pada tahun 1979 merilis album perdana mereka yg diberi title Casiopea. Casiopea berdiri pada tahun 1976 yg dimotori oleh Issei Noro (gitar) dan Tetsuo Sakurai (bass). Setahun kemudian tepatnya 1977, Minoru Mukaiya (keyboard) dan Takashi Sasaki (drum) bergabung. Akira Jimbo (drums) sendiri baru bergabung dengan Casiopea pada tahun 1980 menggantikan Takashi Sasaki. Pada album perdana mereka tersebut ada 8 komposisi yang dihadirkan & juga menghadirkan musisi pendukung seperti Randy Brecker (Trumpet), Michael Brecker (Tenor Sax), David Sanborn (Alto Sax) dan Tomato Strings. Delapan komposisi di dalam album Casiopea yaitu : Time Limit, Tears of The Star, Space Road, Midninght Rendezvouz, Far Away, Swallow, Dream Hill dan Black Joke. Seluruh komposisi di album ini di tulis dan diaransemen oleh Issei Noro. Proses rekaman album ini dilakukan di Studio A, Tokyo Jepang sejak Desember 1978 hingga Maret 1979. Album ini dirilis cetak ulang kembali pada tahun 1986 melalui Alfa records Inc Japan yg di distribusikan oleh Pony Canyon.

Time Limit, komposisi ini mengingatkan saya ketika saya nonton mereka secara live tahun 2002 di Jepang dengan mereka tampil dengan formasi Issei Noro(gitar), Minoru Mukaiya (keyboard), Yoshihiro Naruse (bass), dan Akira Jimbo (drums). Komposisi yg mencoba mendeskripsikan atmosfir balap mobil di sirkuit, dibuka dengan intro awal ketukan drums. Pada lagu tesebut sinkopasi (upnote) dan stacato (shortnote) dipakai bersamaan pada komposisi tsb. Tetsuo Sakurai bermain nada-nada rapat dengan bass-nya. Komposisi ini juga diperkaya dengan tiupan trumpet Randy Brecker, Michael Brecker menggunakan Tenor Sax dan David Sanborn menggunakan Alto Sax.
Tear of The Star, komposisi dengan tempo slow, dihiasi tiupan saxophone Michael Brecker , Issei Norro bereksplorasi dgn gitarnya.
Space Road, komposisi ini memberikan sound-sound futuristik, cepat, Minoru Mukaiya & Issei Noro saling mengisi sound-sound yg ada.
Midnight Rendezvous, komposisi ini menghadirkan tomato strings.
Far Away, komposisi yg kembali menghadirkan tomato strings, basic awal sound ini mungkin yg mengilhami lahirnya komposisi Asayake.
Swallow, komposisi dengan beat-beat fusion yg menghentak, patah-patah, cepat, Minoru Mukaiya bereksplorasi dengan synthesizer dan tuts-tuts nya. Ada sedikit solo drums yg dimainkan Takashi Sasaki.
Dream Hill, komposisi dengan tempo medium yg di isi oleh vokal bahasa jepang & senandung nya Issei Noro.
Black Joke, komposisi ini menghadirkan Michael Brecker, Randy Brecker juga David Sanborn, masih dengan beat-beat menghentak khas casiopea.



Formasi Casiopea & musisi yg mendukung serta peralatan yg digunakan pada album ini adalah :
Issei Noro : Electric & Acoustic Guitar.
Minoru Mukaiya : Electric & Acoustic Piano, Synthesizers, Yamaha DX-1, Vibe.
Tetsuo Sakurai Electric Bass.
Takashi Sasaki : Drums.
Randy Brecker : Trumpet
Michael Brecker : Tenor Sax
David Sanborn : Alto Sax
Strings : Tomato Strings

No Response to "Casiopea "Jepang Tapi Bukan Harajuku""

Leave A Reply

Apakah Anda Setuju Dengan Berita Di Atas? , Silahkan Beri Kami Komentar.