Senin, 22 November 2010

Indonesia di liga Uruguay

Posted on 19.23 by bossbola

Sociedad Anonima Deportivo (S.A.D.) Indonesia pada hari ini mencatat sejarah. Dua pemain dari skuad yang selama tiga tahun terakhir berguru di Uruguay dipastikan akan memperkuat tim elit Club Atlético Peñarol.

Adapun dua pemain yang beruntung adalah Syamsir Alam dan Mochammad Zainal Haq. Keduanya dikontrak sebagai pemain pinjaman melalui Proses Seleksi yang cukup panjang. Proses pemantauan terhadap para pemain Garuda Muda telah dilakukan sejak mereka mulai bermain di kompetisi U-16 Uruguay atau Quinta Division 2008.


Syamsir Alam - S.A.D. IndonesiaMochammad Zainal Haq - S.A.D. Indonesia
Syamsir Alam
Jakarta, 6 Juli 1992
174 cm / 57 kg
Striker
Mochammad Zainal Haq
Jakarta, 5 April 1992
172 cm / 68 kg
Bek, Gelandang


Demis Djamaoeddin selaku manajer program Uruguay Project di kantor Sekretariat PSSI menyebutkan, status kontrak Alam dan Zainal masih berupa pinjaman.

"Peñarol punya hak memakai mereka, namun keduanya tetap tinggal bersama kami. Artinya, sehari-hari mereka masih hidup bareng dengan kawan-kawannya. Tapi, jadwal latihan dan pertandingan mereka yang atur CA Peñarol," ujar Demis dalam jumpa pers, Senin (22/11).

"Ini adalah sejarah baru bagi persepakbolaan Indonesia. Kedua pemain ini adalah pemain Indonesia pertama yang dikontrak klub Amerika Latin," tambahnya.

Manajer S.A.D. itu belum dapat membeberkan gaji yang bakal diperoleh kedua pemain.

"Karena statusnya on loan mereka tidak dikontrak. Terkait pembayaran, secara detail kami belum tahu, namun sepertinya akan ada bayaran per bulan," kata Demis.

Kerjasama antara pengelola timnas S.A.D. Indonesia dan pihak CA Peñarol tidak hanya membahas masalah non teknis selama berada di Uruguay. Namun masalah teknis seperti perkembangan pemain, metode latihan, dan observasi pertandingan menjadi prioritas kedua belah pihak.

"Kedua pemain tersebut diharapkan dapat berkumpul dengan klub barunya pada tanggal 15 Januari 2011 untuk menjalani latihan pertama sekaligus tes lanjutan untuk menentukan di kompetisi mana nantinya mereka akan bermain," papar Demis.

Tes tersebut, lanjut Demis, memang lazim dilakukan oleh klub-klub Uruguay. Mereka sudah pasti tampil bersama Peñarol dalam Liga Uruguay U-19 2011. Namun, jika dalam tes tersebut menunjukkan performa yang bagus, tak tertutup kemungkinan mereka juga masuk dalam skuad senior tim Peñarol di top flight Uruguay.

Alam menjadi salah satu pemain yang paling diincar klub-klub Uruguay selama ini. Produktivitasnya di hadapan gawang menghasilkan 50 gol lebih dari semua kompetisi selama tiga tahun terakhir. Bahkan musim lalu Alam menjadi runner-up topskor dengan torehan 25 gol.

Sedangkan Zainal Haq terpilih bermain bersama Peñarol atas rekomendasi manajer tim, Víctor Haroldo Púa Sosa. Mantan pelatih timnas Uruguay pada 1998-2001 itu menilai kualitas permainan bertahan Zainal ciamik. Demis tak dapat melupakan pujian Victor Pua terhadap Zainal.

"Saya belum pernah melihat kemampuan pemain belakang muda sehebat Zainal. Namun, Zainal lebih cocok menjadi central defender ketimbang libero," demikian kata Victor Pua sebagaimana dikenang Demis.

Saat ini, S.A.D. sedang menjalani masa liburan di Tanah Air. Mereka akan berada di Indonesia hingga minggu pertama Januari tahun depan. Menurut rencana, S.A.D. bakal melakoni dua partai ujicoba. Pertama dengan menjajal juara Liga Pendidikan Indonesia, SMA Darussalam Tangerang, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, (23/11), diikuti pertandingan kontra PPLP Ragunan di Stadon Soemantri Brojonegoro, Jakarta, dua hari sesudahnya.

No Response to "Indonesia di liga Uruguay"

Leave A Reply

Apakah Anda Setuju Dengan Berita Di Atas? , Silahkan Beri Kami Komentar.