Jumat, 19 November 2010

Real Madrid Anti Belanda

Posted on 03.20 by bossbola


De Oranje di Real Madrid/ dok.SOCCER 
Mulai musim ini, Real Madrid tak akan lagi dihuni oleh pemain asal Belanda. Nama terakhir yang baru saja hengkang adalah Rafael van der Vaart yang berlabuh ke Tottenham Hotspur
Padahal, beberapa musim lalu di era kepelatihan Bernd Schuster, Madrid justru sempat dikuasai oleh pengawa-penggawa asal Belanda. Ada Ruud van Nistelrooy, Wesley Sneijder, Arjen Robben, Klaas-Jan Huntelaar, Van der Vaart, dan Royston Drenthe.
Namun musim ini semuanya sudah menghilang. Tak ada lagi warna De Oranje di skuad El Real. Namun ironisnya, kehilangan pemain Belanda itu disertai kenyataan Madrid harus mengalami kerugian mencapai 60 juta euro, atau sekitar 692 miliar rupiah.
Semua kerugia itu didapat setelah Madrid memutuskan melepas semua pemain asal Belanda-nya. Bayangkan saja, untuk memboyong enam pilar De Oranje itu, Madrid harus merogoh kocek mencapai 123 juta euro (Rp1,4 triliun). Sementara saat melepasnya, Madrid hanya mendapat 63 juta euro (Rp726,9 miliar).
Hal itu memang sesuai dengan tradisi Madrid dari tahun ke tahun yang kerap membeli pemain dengan harga mahal, hingga melepasnya dengan harga jauh lebih murah. Dan hal ini kembali berlaku untuk keenam pemain asal Belanda tersebut.
Saat era Vanderley Luxemburgo, Madrid juga sempat menumpuk pemain-pemain asal Brasil. Setelah memiliki Roberto Carlos, El Real lantas mendatangkan Ronaldo, Cicinho, Robinho, serta Julio Baptista. Kekuasaan Selecao berlanjut di era Fabio Capello saat Emerson dan Marcelo juga ikut hadir.
Tapi saat ini? Cuma Marcelo yang bertahan, sebelum akhirnya ditemani pemain termahal ketiga di dunia, Kaka. Sisanya, sebagian sudah lebih dulu dilepas dengan banderol dibawah harga belinya saat itu.
Kini di era Jose Mourinho, legiun asing di Madrid mulai merata. Sudah sejak era Mauricio Pellegrini tak ada lagi dominasi negara selain Spanyol di Santiago Bernabeu.
Untuk pemain asing, hanya Argentina yang menyumbang terbanyak, yakni empat, antara lain Fernando Gago, Gonzalo Higuain, Angel Di Maria, serta Ezequiel Garay. Sedangkan negara asal Mourinho, Portugal menyumbang tiga pilar. Sisanya, Jerman, Prancis, dan Brasil masing-masing menyumbang dua pemain. Sementara Mali dan Polandia menyumbang satu.
Meski begitu, tetap saja pemain asli Spanyol di skuad Madrid tak mampu melebihi setengahnya. Musim ini terdapat 10 pemain asal SPanyol, antara lain Iker Casillas, Antonio Adan, Sergio Ramos, Alvaro Arbeloa, Raul Albiol, Xabi Alonso, Esteban Granero, Sergio Canales, Pedro Leon, serta pemain muda, David Mateos. (Irawan)
Berikut statistik pembelian serta penjualan pemain asal Belanda di Real Madrid:
1. Rafael van der Vaart: dibeli 13 juta euro dari Hamburg. Dijual 10 juta euro ke Tottenham. (rugi 3 juta euro)
2. Arjen Robben:  Dibeli 36 juta euro dari Chelsea. Dijual 25 juta euro ke Bayern Muenchen. (rugi 11 juta euro).
3. Wesley Sneijder:  Dibeli 25 uta euro dari Ajax. Dijual 15 juta euro ke Inter Milan. (rugi 10 juta euro).
4. Klaas-Jan Huntelaar:  Dibeli 20 juta euro dari Ajax. Dijual 13 juta euro ke AC Milan. (rugi 7 juta euro).
5. Ruud van Nistelrooy: Dibeli 15 juta euro dari Manchester United. Bebas transfer ke Hamburg. (rugi 15 juta euro)
6. Royston Drenthe:  Dibeli 14 juta euro dari Feyenoord. Dipinjamkan gratis ke Hercules. (rugi 14 juta euro)

No Response to "Real Madrid Anti Belanda"

Leave A Reply

Apakah Anda Setuju Dengan Berita Di Atas? , Silahkan Beri Kami Komentar.