Senin, 22 November 2010

Sejarah Community Shield

Posted on 02.30 by bossbola









Cikal bakal Community Shield bermula pada sebuah kompetisi bernama Sheriff of London Charity Shield. Turnamen yang ditujukan untuk amal ini pertama kali digelar pada 1898 dengan mempertemukan dua tim; tim terbaik dari liga profesional dan tim terbaik dari liga amatir.

Sheriff of London Charity Shield kemudian cuma bertahan sampai 1907--atau cuma sampai 10 edisi--akibat dominannya tim-tim dari liga profesional. Alasan lainnya, ada perpecahan antara FA dan klub amatir kala itu sehingga terbentuklah Amateur Football Alliance (AFA).

Setelah Sheriff of London Charity Shield bubar, barulah terbentuk Community Shield di tahun 1908. Tujuannya masih sama, yakni turnamen untuk amal. 

Edisi pertama Community Shield mempertemukan Manchester United (juara dari Divisi Satu--divisi tertinggi kala itu) dan Queens Park Rangers (juara dari Southern League). Pertandingan berakhir imbang 1-1 sehingga harus diulang. 

Pada partai ulangan MU sukses membekap QPR 4-0 dan menjadi tim yang pertama kali menjuarai Community Shield. Sebagai catatan, laga antara MU vs QPR menjadi satu-satunya laga Community Shield yang mengalami replay. Catatan lainnya, kedua laga itu dihelat di Stamford Bridge, bukan di Wembley.

Tahun 1930 ditetapkan bahwa Community Shield merupakan turnamen yang mempertemukan juara dari divisi tertinggi dengan juara Piala FA. Format tersbut kemudian bertahan sampai saat ini.

Community Shield juga sempat mengenal istilah juara bersama. Dua tim terakhir yang mendapatkan titel bersama adalah Arsenal dan Tottenham Hotspur ada tahun 1991. Kala itu keduanya bermain imbang 0-0.

Baru setelah tahun 1991 tidak dikenal lagi istilah juara bersama. Penentuan siapa yang keluar sebagai pemenang, jika bermain imbang, dilakukan melalui adu penalti. Tiga musim terakhir, Community Shield selalu berakhir dengan adu penalti.

Cerita lainnya? Ternyata Wembley tak melulu menjadi venue dari Community Shield. Stadion kebanggaan masyarakat Inggris itu baru menjadi tuan rumah pada 1974--dan selalu menjadi tuan rumah hingga tahun 2000. Sebelum 1974, banyak stadion yang pernah menghelat Community Shield, di antaranya Stamford Bridge, Old Trafford, Highbury, White Hart Lane hingga Anfield.

Kala Wembley direnovasi tahun 2000 laga pun sempat dipindahkan ke Stadion Millennium, Cardiff. Baru pada 2007 silam, Community Shield "pulang" kembali ke stadion yang dulunya dikenal dengan dua menara kembar tersebut

No Response to "Sejarah Community Shield"

Leave A Reply

Apakah Anda Setuju Dengan Berita Di Atas? , Silahkan Beri Kami Komentar.