Rabu, 24 November 2010

Red Devils Paling Tua, The Gunners Paling Muda

Posted on 18.11 by bossbola


Scholes dan Giggs/ dok.SOCCER 
Sudah bukan hal yang aneh lagi jika skuad Arsenal masih menjadi tim dengan rata-rata usia termuda di pentas Premier League saat ini. Menariknya, Manchester United yang mulai getol memboyong pemain-pemain belia justru memiliki skuad yang masih kalah muda ketimbang rival mereka, Chelsea.
Dari 20 klub peserta Premier League, MU ternyata berada di urutan 15 daftar tim dengan rata-rata pemain termuda. Skuad Setan Merah musim ini memiliki rata-rata usia 26,42. 
Di antara klub besar di Inggris, posisinya hanya lebih baik ketimbang Tottenham Hotspur yang berada satu tingkat di bawahnya dengan rata-rata 27,15.
Agaknya, kebijakkan MU masih mempertahankan pilar gaek seperti Edwin van der Sar, Gary Neville, Paul Scholes, serta Ryan Giggs menyebabkan status mereka bukan lagi tim muda. Hal ini jelas bertolak-belakang dengan pernyataan Manajer Sir Alex Ferguson di awal musim lalu, yang menyebut timnya memiliki pondasi pada kekuatan pemain muda. 
"Sejarah MU sangat mudah. Selalu berpondasi pada pemain muda, dan hal itu membuat kami nyaman. Saya rasa fans juga akan senang. Jadi, memproduksi pemain muda akan sangat penting buat kami. Kami sadar tanggung jawab kami untuk menetaskan pemain muda menjadi bintang masa depan," bilang Fergie.
Ironisnya, skuad MU saat ini tidak seratus persen berjalan sesuai pernyataan Fergie. Sejak generasi Giggs cs, MU seolah belum sepenuhnya percaya dengan talenta-talenta muda hasil akademinya. Lihat saja nasib Danny Welbeck, Jonny Evans, Darron Gibson, dan beberapa lainnya.
Welbeck harus rela dipinjamkan ke Sunderland karena gagal mendapat tempat di tim utama musim ini. Evans masih hanya berstatus sebagai pelapis Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. Sedangkan Gibson hanya sesekali dipercaya Fergie. Itupun lebih sering di ajang kelas dua seperti Piala FA ataupun Piala Liga Inggris.
Sementara beberapa pemain mdua lainnya justru bukan murni binaan akademi MU. Seperti Fabio dan Rafael Da Silva, Federico Macheda, Javier Hernandez, atau pun Luis Antonio Valencia.
Skuad Chelsea jauh lebih muda ketimbang musim sebelumnya (dok.SOCCER)
Sementara itu, rival MU yang juga berstatus juara bertahan Premier League, Chelsea, musim ini jauh lebih mengedepankan regenerasi di timnya. Hal itu memang terlihat dari kebijakkan transfer Manajer Carlo Ancelotti pada musim panas lalu. 
Saat itu Carletto menarik Ramires dari Benfica yang usianya tergolong masih belia. Mereka pun melepas dua pemain veteran Ricardo Carvalho dan Michael Ballack. Keputusan mengorbitkan pemain muda seperti Josh McEachran ataupun Gael Kakuta pun terbikti efektif. Tak heran jika musim ini The Blues menempati peringkat 10 daftar tim termuda di Premier League dengan rata-rata 25,82.
"Sangat penting melihat akademi kami bekerja sangat baik hingga saat ini. Kami punya beberapa pemain muda berbakat yang bekerja keras di sesi latihan bersama pemain senior. Inilah target kami, memberi kepercayaan kepada pemain muda dari akademi untuk menembus skuad utama di masa mendatang," beber Ancelotti.
Anggota The Big Four  lain, Liverpool menempati posisi satu tingkat di bawah Chelsea dengan rata-rata 26,10. Sedangkan Manchester City masih lebih baik dari keempat tim sebelumnya dengan berada di urutan 8 dan memiliki rata-rata usia 25,73.
The Gunners masih yang terbaik dalam hal mengedepankan pemain muda. Skuad asuhan Arsene Wenger ini bercokol di urutan teratas dengan rata-rata 24,24. Posisi mereka setingkat lebih baik daripada Newcastle United (24,77). 
"Di usia muda, menang bukan hal utama. Yang terpenting adalah mengembangkan teknik dan kepercayaandiri pemain," sebut Wenger mengenai skuad muda miliknya. 
Arsene Wenger masih mengedepankan pemain muda (dok.SOCCER)
Agaknya, keputusan UEFA yang berencana membatasi pengeluaran klub dalam membeli serta menggaji pemainnya memberikan kesempatan kepada para youngster  untuk lebih mendapat kesempatan. Jalan terbaik bagi klub tentunya mengorbitkan talenta-talenta dari akademi milik mereka, ataupun membeli pemain muda dari klub lain dengan harga dan gaji jauh lebih murah. (Irawan)
Berikut rata-rata usia di Premier League musim 2010-11:
24.24 - Arsenal
24.77 - Newcastle United
25.27 - West Bromwich Albion
25.39 - Everton
25.47 - Wolverhampton
25.48 - Sunderland
25.67 - Wigan Athletic
25.73 - Manchester City
25.82 - West Ham United
25.89 - Chelsea
26.10 - Liverpool
26.11 - Blackpool
26.32 - Aston Villa
26.35 - Blackburn Rovers
26.42 - Manchester United
27.15 - Tottenham Hotspur
27.53 - Birmingham City
27.62 - Bolton Wanderers
28.53 - Stoke City
28.78 - Fulham

1 Response to "Red Devils Paling Tua, The Gunners Paling Muda"

Leave A Reply

Apakah Anda Setuju Dengan Berita Di Atas? , Silahkan Beri Kami Komentar.